Tulisan Kelompok Oreo Dessert Box
MAKALAH
BISNIS PLAN
OREO DESSERT BOX
DOSEN PEMBIMBING
S TIWI
ANGGRAENI
DISUSUN
OLEH:
Sarah
Safina Azzalia (21220500)
Sinta
Evipani Gultom ( 21220557 )
Silviana
Ester Simarmata (21220554)
(1EB11)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
2020/2021
Contents
4P:
Produk,Price,Place,Promotion
Latar
Belakang
Alasan membuka
usaha dessert box ini adalah karena ingin mengembangkan inovasi dari makanan
pencuci mulut. Karena, umumnya dessert berukuran besar seperti pada brownies
maupun kue tart atau mungkin berukuran kecil seperti cupcake. Maka dari itu,
kami ingin membuat inovasi terbaru dengan berukuran sedang. Sehingga, orang
yang ingin memakan dessert box ini tidak akan berlebihan atau mungkin merasa
kurang puas.
Selain itu, alasan
lain kami membuka usaha dessert box seperti ini adalah keinginan pasar yang
meningkat dalam penjualan makanan. Apalagi semasa pandemi, masyarakat berada
dirumah saja dan ingin mencoba makanan yang unik. Salah satunya adalah dessert
box ini.
Oleh karena itu, kami membuka usaha dessert box ini dengan varian rasa yang best seller atau banyak digemari oleh masyarakat yaitu oreo. Tidak lupa dengan design packaging yang menarik juga menjadi daya serap masyarakat dalam membeli dessert box ini. Serta melayani pemesanan lewat online menjadi faktor utama dalam pengembangan bisnis.
Visi dan
Misi Usaha
•
Visi
- Menjadi
usaha yang laris manis dipasaran
- Menjual
dessertbox dengan rasa yang enak serta menggunakan bahan bahan berkualitas
tinggi
- Konsumen
dapat puas dengan dessertbox yang mereka dapatkan.
•
Misi
- Tetap
menjaga kehigienisan bahan bahan serta alat pembuatan.
- Melakukan
promosi melalu media social untuk memperluas pasar dan peminat
- Ramah
dan mengutamakan pelanggan.
Gambaran Produk
Salah satu kreasi dessert box yang popular belakangan
ini yaitu dessert oreo box. Oreo memang banyak dikreasikan sebagai pemberi rasa
“khas” dan tekstur yang cocok untuk berbagai jenis dessert.
Rencana Usaha
Persiapan
•
Persiapkan Oreo Dessert Box
•
Jual dengan berbagai macam varian ukuran
•
Gunakan platform media social untuk melakukan promosi
•
Memberikan diskon agar masyarakat tertarik untuk membeli
2. Strategi Pemasaran
Target Pasar
Target Pasar yang akan dituju oleh oreo dessertbox diharapkan bisa
diterima semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena
penggemar makanan manis juga memiliki pasar yang luas dan digemari oleh segala
lapisan masyarakat.
Cara Pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan yaitu melalui promosi media sosial
karena pengguna dari media sosial untuk saat ini sudah sangat banyak.
Modal
Dengan hanya bermodalkan 500 ribu hingga 1 juta sudah bisa memulai
bisnis oreo dessert box ini.
4P: Produk,Price,Place,Promotion
PRODUK
Oreo Dessert Box
Cadburry Oreo
Oreo choco Fudge
Redvelvet Oreo
Milo Oreo
PRICE
Cadbury Oreo |
Rp35.000 |
Milo Oreo |
Rp45.000 |
Red
Velvet Oreo |
Rp65.000 |
Oreo Choco Fudge |
Rp25.000 |
Oreo |
Rp60.000 |
PLACE
Daerah pemasaran yang dapat dilayani untuk saat ini hanya Jabodetabek.
PROMOTION
Promosi yang diadakan adalah hanya melalui media sosial yaitu seperti Instagram, Whatsapp, Twitter dan Facebook. Namun, kami juga bekerja sama dengan Gofood dan Grab sehingga pemesanan juga bisa melalui aplikasi ojek online.
Rencana Anggaran
BIAYA TETAP |
||
No. |
Nama Alat |
Jumlah |
1 |
Wadah
Plastik |
Rp200.000 |
2 |
Stiker |
Rp70.000 |
3 |
Mangkok
kecil |
Rp150.000 |
4 |
Sendok
plastik |
Rp90.000 |
5 |
Teflon |
Rp150.000 |
6 |
Parutan
keju |
Rp50.000 |
TOTAL BIAYA |
Rp710.000 |
BIAYA VARIABLE |
||||
No. |
Nama Bahan |
Ukuran |
Harga
Satuan |
Jumlah |
1 |
Oreo |
399 gram |
Rp10.000 |
Rp30.000 |
2 |
Susu cair |
3L |
Rp15.000 |
Rp45.000 |
3 |
Mentega |
600 gram |
Rp8.000 |
Rp24.000 |
4 |
Whipcream
bubuk |
450 gram |
Rp22.000 |
Rp 66.000 |
5 |
Susu kental
manis |
740 gram |
Rp10.000 |
Rp20.000 |
6 |
Dark
Chocolate |
1 kg |
Rp48.000 |
Rp48.000 |
7 |
Keju |
495 gram |
Rp25.000 |
Rp75.000 |
TOTAL BIAYA |
Rp308.000 |
TOTAL
BIAYA TETAP DAN BIAYA
VARIABLE = Rp.1.018.000
HARGA PER DESSERT
BOX = 25
Sumber Anggaran
Nama |
Jumlah |
Modal Awal |
1.200.000 |
Modal tambahan |
6.000.000 |
TOTAL MODAL |
7.200.000 |
Penutup
Tujuan
1.Melakukan
perencanaan produksi dan analisa kelayakan usaha Oreo Dessert Box.
2. Melakukan realisasi perencanaan
produksi yang telah dibuat.
3. Melakukan evaluasi terhadap realisasi
usaha Oreo Desser Box.
Saran
Hasil penelitian
menunjukan bahwa penjualan Oreo Dessert Box terdapat kecenderungan penelitian
menggunakan iklan sebagaia media dalam menjual Oreo Dessert Box.Dan masih
terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan,oleh karena
itu penelitian berharap faktor-faktor lain tersebut bisa diteliti lebih lanjut
dikemudian hari untuk menyempurnakan penelitian mengenai loyalitas media pada
pelanggan.
Comments
Post a Comment