Tulisan Kelompok Oreo Dessert Box

 MAKALAH

BISNIS PLAN

OREO DESSERT BOX

 



 

 

DOSEN PEMBIMBING

S TIWI ANGGRAENI

 

DISUSUN OLEH:

Sarah Safina Azzalia (21220500)

Sinta Evipani Gultom ( 21220557 )

Silviana Ester Simarmata (21220554)

(1EB11)

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS EKONOMI

JURUSAN AKUNTANSI

2020/2021

 

Contents

Latar Belakang. 3

Visi dan Misi Usaha. 4

Gambaran Produk. 4

Rencana Usaha. 5

Persiapan. 5

Target Pasar. 5

Cara Pemasaran. 5

Modal 5

4P: Produk,Price,Place,Promotion. 6

PRODUK. 6

PRICE. 8

PLACE. 8

PROMOTION.. 8

Rencana Anggaran. 9

Sumber Anggaran. 9

Penutup. 10

Tujuan. 10

Saran. 10

Kesimpulan. 10


Latar Belakang

 

Alasan membuka usaha dessert box ini adalah karena ingin mengembangkan inovasi dari makanan pencuci mulut. Karena, umumnya dessert berukuran besar seperti pada brownies maupun kue tart atau mungkin berukuran kecil seperti cupcake. Maka dari itu, kami ingin membuat inovasi terbaru dengan berukuran sedang. Sehingga, orang yang ingin memakan dessert box ini tidak akan berlebihan atau mungkin merasa kurang puas.

Selain itu, alasan lain kami membuka usaha dessert box seperti ini adalah keinginan pasar yang meningkat dalam penjualan makanan. Apalagi semasa pandemi, masyarakat berada dirumah saja dan ingin mencoba makanan yang unik. Salah satunya adalah dessert box ini.

Oleh karena itu, kami membuka usaha dessert box ini dengan varian rasa yang best seller atau banyak digemari oleh masyarakat yaitu oreo. Tidak lupa dengan design packaging yang menarik juga menjadi daya serap masyarakat dalam membeli dessert box ini. Serta melayani pemesanan lewat online menjadi faktor utama dalam pengembangan bisnis.


Visi dan Misi Usaha

 

         Visi

  1. Menjadi usaha yang laris manis dipasaran
  2. Menjual dessertbox dengan rasa yang enak serta menggunakan bahan bahan berkualitas tinggi
  3. Konsumen dapat puas dengan dessertbox yang mereka dapatkan.

 

         Misi

  1. Tetap menjaga kehigienisan bahan bahan serta alat pembuatan.
  2. Melakukan promosi melalu media social untuk memperluas pasar dan peminat
  3. Ramah dan mengutamakan pelanggan.

 

Gambaran Produk

 



 

Salah satu kreasi dessert box yang popular belakangan ini yaitu dessert oreo box. Oreo memang banyak dikreasikan sebagai pemberi rasa “khas” dan tekstur yang cocok untuk berbagai jenis dessert.

 

 

Rencana Usaha

 

Persiapan

      Persiapkan Oreo Dessert Box

      Jual dengan berbagai macam varian ukuran

      Gunakan platform media social untuk melakukan promosi

      Memberikan diskon agar masyarakat tertarik untuk membeli

 

2. Strategi Pemasaran

Target Pasar

Target Pasar yang akan dituju oleh oreo dessertbox diharapkan bisa diterima semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena penggemar makanan manis juga memiliki pasar yang luas dan digemari oleh segala lapisan masyarakat.

Cara Pemasaran

Pemasaran yang akan kami lakukan yaitu melalui promosi media sosial karena pengguna dari media sosial untuk saat ini sudah sangat banyak.

Modal

Dengan hanya bermodalkan 500 ribu hingga 1 juta sudah bisa memulai bisnis oreo dessert box ini.



4P: Produk,Price,Place,Promotion

 

PRODUK



Oreo Dessert Box

 

 


Cadburry Oreo

 


Oreo choco Fudge

 


Redvelvet Oreo

 



Milo Oreo

 

 

 

 

PRICE

Cadbury Oreo

Rp35.000

Milo Oreo

Rp45.000

Red Velvet Oreo

Rp65.000

Oreo Choco Fudge

Rp25.000

 Oreo

Rp60.000

 

PLACE

Daerah pemasaran yang dapat dilayani untuk saat ini hanya Jabodetabek.

 

 PROMOTION

Promosi yang diadakan adalah hanya melalui media sosial yaitu seperti Instagram, Whatsapp, Twitter dan Facebook. Namun, kami juga bekerja sama dengan Gofood dan Grab sehingga pemesanan juga bisa melalui aplikasi ojek online.


Rencana Anggaran

 

BIAYA TETAP

No.

Nama Alat

Jumlah

1

Wadah Plastik

Rp200.000

2

Stiker

Rp70.000

3

Mangkok kecil

Rp150.000

4

Sendok plastik

Rp90.000

5

Teflon

Rp150.000

6

Parutan keju

Rp50.000

TOTAL BIAYA

Rp710.000

 

 

BIAYA VARIABLE

No.

Nama Bahan

Ukuran

Harga Satuan

Jumlah

1

Oreo

399 gram

Rp10.000

Rp30.000

2

Susu cair

3L

Rp15.000

Rp45.000

3

Mentega

600 gram

Rp8.000

Rp24.000

4

Whipcream bubuk

450 gram

Rp22.000

Rp 66.000

5

Susu kental manis

740 gram

Rp10.000

Rp20.000

6

Dark Chocolate

1 kg

Rp48.000

Rp48.000

7

Keju

495 gram

Rp25.000

Rp75.000

TOTAL BIAYA

Rp308.000

 

TOTAL BIAYA TETAP DAN BIAYA VARIABLE = Rp.1.018.000

HARGA PER DESSERT BOX                                       = 25

Sumber Anggaran

Nama

Jumlah

Modal Awal

 1.200.000

Modal tambahan

 6.000.000

TOTAL MODAL

7.200.000


Penutup

 

Tujuan

1.Melakukan perencanaan produksi dan analisa kelayakan usaha Oreo Dessert Box.

2. Melakukan realisasi perencanaan produksi yang telah dibuat.

3. Melakukan evaluasi terhadap realisasi usaha Oreo Desser Box.

                                                                                                  

Saran

Hasil penelitian menunjukan bahwa penjualan Oreo Dessert Box terdapat kecenderungan penelitian menggunakan iklan sebagaia media dalam menjual Oreo Dessert Box.Dan masih terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan,oleh karena itu penelitian berharap faktor-faktor lain tersebut bisa diteliti lebih lanjut dikemudian hari untuk menyempurnakan penelitian mengenai loyalitas media pada pelanggan.

 

 

Kesimpulan

Dari data dan fakta yang telah dipaparkan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pelanggan bisa membeli Oreo Dessert Box melalu media ikaln dan publick,dengan adanya media iklan bisa mempermudah pelanggan untuk membeli Oreo Dessert box.

Comments

Popular Posts